Juni20

Meningkatkan Mutu Prodi Pendidikan Tinggi melalui Pelatihan Auditor Internal

Dalamrangka meningkatkan mutu prodi pendidikan tinggi, DirektoratPenjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan KemahasiswaanKementerian Riset, Teknologi,dan Pendidikan Tinggi Tahun Anggaran 2016menyelenggarakan PelatihanAuditor Internal Bersertifikat pada Kamis-Sabtu, 21-23 April 2016 diYogyakarta.


Pelatihanini diselenggarakan Direktorat Penjaminan Mutu untuk menghasilkanauditor internal perguruan tinggi yang siap melakukan audit mutuinternal perguruan tinggi mereka sendiri danperguruan tinggi lain di sekitarnya dalam rangka pelaksanaan SistemPenjaminan Mutu PendidikanTinggi (SPM Dikti) khususnya pada siklus Evaluasi. AuditInternal terhadap mutu pendidikan tinggi menggunakanStandar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti) perlu mendapat perhatian untukpencapaian mutu sesuaiharapkan seluruh pemangkukepentingan pendidikan tinggi.




Dalam pelaksanaannyadiawali dengan penyampaianlaporan pelaksanaanoleh Kasubdit Penguatan Mutu, Antari W Mawarti, dilanjutkan dengansambutan sekaligus membuka acaraoleh Ketua Kopertis V, Bambang Supriyadi mewakili Direktur PenjaminanMutu yang berhalangan hadir.Hadir dalam pelatihan ini sebanyak 35peserta yang sebagianbesar merupakan peserta pelatihSPMI yang lulus pada pelatihan PelatihanCalon Pelatih SPMI yang telah diselenggarakanpada kurunwaktu 2014-2015.


Acarapada hari pertama diisi dengan paparan Kebijakan Nasional SPM Diktiyang disampaikan Prof. Bernadette M Waluyo, paparan Prof. Genturtentang Teori Audit Mutu Internal dan dilanjutkan paparan dariperwakilan PD Dikti dan terakhir dari Prof. Hartanto Nughoro tentangPerencanaan Audit. Selain paparan materi terkait audit, dalam pelatihan ini juga adapraktek audit dengan berkas sebenarnya/dokumendari 5 prodi yang berbeda dankunjungan ke lapangan pada hari ke-2 di Universitas Kristen DutaWacana, Yogyakarta. Pelatihan AuditInternal lakukan kunjungan langsung pada 5 (lima) Program Studidibawah struktur organisasi Universitas Kristen Duta WacanaYogyakarta yaitu, ProdiSistem Informasi, prodi TeknologiInformasi, prodi Teologi,prodi Biologi dan prodi Akuntansi.


DirekturPenjaminan Mutu, Aris Junaidi berkesempatan hadir pada hari ke-2 danmemberikan kata sambutan danmelakukanfoto bersama. Paparan tentang audit berturut-turut diberikan Prof.Kusminarto, Prof Lilik, dan Kebijakan Nasional SPME oleh Prof. Songdari BAN-PT. AdapunFasilitatorpelatihanAuditor Internalmerupakan Tim Pengembang Fasilitator SPMI Pusatantara lain Prof. Gentur J Sutapa, Prof. Lilik Sutiarso, Prof.Kusminarto, dan Prof. Hartanto Nugroho. (oct-haz/penjamu

Berita Lainnya