Data PD Dikti digunakan oleh assesor BAN-PT sebagai salah satu dasar dalam penilaian akreditasi prodi atau institusi.
PD Dikti digunakan oleh assesor BAN-PT saat assesment kecukupan dan assement lapangan, karena data di PD Dikti merupakan data yang paling valid digunakan dalam menilai akreditasi prodi atau intitusi, oleh karena itu PD Dikti itu harus dimuktahirkan setiap ada perubahan data.
PD Dikti tidak dapat di-update oleh program studi, tetapi di PT ada operator khusus yang dapat mengupdate PD Dikti, namun realitanya di lapangan operator tersebut kurang jumlahnya dan kemampuannya masih minim dalam mengupdate data di PT yang bersangkutan.
Data tridarma, data profil PT, dosen, mahasiswa, dan lulusan.
Data perubahan pendidikan dosen, NIDN, NIDK, jabatan fungsional dan sertifikasi dosen.
Syarat agar dapat melengkapi PD Dikti, yaitu dokumen pendukung atas data yang di-update tersebut harus di-upload di forlap, misal meng-update perubahan status gelar akademik dari magister ke doktor, maka ijazah doktor yang sudah dilegalisir di-upload ke forlap, dan lulusan luar negeri harus disahkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan cq. Direktorat Pembelajaran.
Yang bertanggungjawab pada PD Dikti di PT adalah pimpinan PT (Rektor, Direktur, Ketua cq. wakil pimpinan yang menangani bidang akademik). Yang bertanggungjawab di Kemenristekdikti adalah Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin).
Kriteria operator PD Dikti di PT sebaiknya harus memiliki kemampuan di bidang IT, memahami proses bisnis (business process) di PT dan posisinya ditetapkan oleh Rektor.
Cara menguhungi Pusdatin melalui: 1.website: forlap.ristekdikti.go.id. 2. website: tanya.ristekdikti.go.id. 3. Kepala Bidang PD Dikti Wawan Gunawan HP No. 081807415665