Dalam rangka menghadapi arus global, khususnya Masyarakat Ekonomi ASEAN, akreditasi program studi menjadi sebuah keharusan demi mewujudkan budaya mutu disetiap Perguruan Tinggi. Hal ini sejalan dengan amanat Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Untuk mewujudkan hal tersebut, Direktorat  Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ,Republik Indonesia bekerjasama dengan Tim SPMI Nasional menyelenggarakan serangkaian workshop tentang SPMI kepada seluruh Perguruan Tinggi Swasta yang diadakan di 4 (empat) kota yaitu : Jakarta tanggal 11 November 2015, Aceh tanggal 13 November 2015, Makassar tanggal 14 November 2015, Mataram tanggal 21 November 2015. 

Workshop SPMI yang pertama secara resmi dibuka oleh Direktur Penjaminan Mutu, Prof. Aris Junaidi, bertempat di Hotel Peninsula Jakarta yang dihadiri 385 orang peserta dari Kopertis Wilayah II, III, IV, V, VI, VII dan X dengan 3 orang Nara Sumber dari Tim SPMI yaitu: Prof.Dr. Johannes Gunawan, SH, LLM, Prof.Dr. Bernadette M. Waluyo, SH, MH, CH, CN dan Widijanto S. Nugroho, Ph.D.

Workshop SPMI yang kedua dilaksanakan di Banda Aceh pada tangal 13 November 2015 bertempat di Aula Universitas Muhammadiyah Aceh. Acara dibuka oleh Kasubdit Pengembangan Sistem Mutu, Dr. Syahrul Aminullah, SKM, M.Si, yang dihadiri sebanyak 143 orang peserta dari Kopertis Wilayah I dan XIII dengan Nara Sumber adalah Tim SPMI yaitu: Prof Dr.drh. Nyoman Sadra Dharmawan dan Dr. Ir. Setyo Pertiwi, M.Eng.

Pada tanggal 14 November 2015 Workshop SPMI selanjutnya bertempat di Auditorium Kopertis Wilayah IX Makassar. Acara ini dibuka oleh Kasubdit Pengembangan Sistem Mutu, Dr. Syahrul Aminullah, SKM, M.Si , dihadiri 217 orang peserta dari Kopertis Wilayah IX, XI, XII, dan XIV dengan Nara Sumber Tim SPMI yaitu: Prof. Bambang Suryatmono, Ph.D dan Prof Dr. Ir. Tirza Hanum, MS. 

Workshop SPMI yang keempat tanggal 21 November 2015 dilaksanakan di Kota Mataram bertempat di STIKes Yarsi Mataram. Acara ini dibuka oleh Direktur Penjaminan Mutu, Prof. Aris Junaidi, yang dihadiri 150 peserta untuk Kopertis Wilayah VIII dengan 2 orang Nara Sumber dari Tim SPMI yaitu: Prof Dr.drh. Nyoman Sadra Dharmawan dan Dr. Ir. JP. Gentur Sutapa, M.Sc.

Pelaksanaan Workshop ini bertujuan : 
1. Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi secara berencana dan berkelanjutan.
2. Agar setiap Perguruan Tinggi menyadari bahwa tanggung jawab atas mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di perguruan tinggi tersebut tidak lagi sepenuhnya di tangan pemerintah, melainkan menjadi tanggungjawab perguruan tinggi itu sendiri pula.
3. Memberi inspirasi dan contoh yang implementatif pada setiap perguruan tinggi tentang apa, mengapa, siapa, dimana, bilamana, dan bagaimana melaksanakan penjaminan mutu di perguruan tinggi, dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti).

Peserta yang hadir sangat antusias dan memberikan respon positif melalui kritik dan saran yang ditujukan kepada Direktorat Penjaminan Mutu. Dari diskusi yang terjadi saat pelaksanaan kegiatan Workshop tersebut, Tim SPMI Belmawa mendapat beberapa masukan, antara lain: pentingnya upaya desiminasi ini agar dilaksanakan secara rutin dan lebih homogen para pesertanya, misalnya dari Politeknik, Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Akademi dsb. Perguruan Tinggi juga membutuhkan pendampingan khusus untuk dapat mengimplementasikan SPMI.

Semoga hal ini dapat segera terwujud dalam Masterplan Percepatan Penjaminan Mutu Pendidikan tinggi Indonesia tahun 2015-2019 yang sedang disiapkan oleh Direktorat Penjaminan Mutu. Tingkatkan mutu pendidikan tinggi Indonesia untuk dapat meningkatkan daya saing bangsa.

Keterangan

Tempat:
Penyelenggara:
Jumlah Peserta:
Jumlah Perguruan Tingggi: 0
Sumber Dana:


download file