Salam dari Timur!

Upaya mendorong penerapan SPMI di perguruan tinggi terus dilakukan oleh pemerintah melalui Direktorat Penjaminan Mutu. Dan sebagai kelanjutan pelaksanaan Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) tahun 2017 serta  untuk meningkatkan jumlah auditor mutu internal di masing-masing perguruan tinggi, Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyelenggarakan Lokakarya Audit Mutu Internal (AMI) batch ke-III tahun 2018 untuk Indonesia kawasa timur di hotel Swissbel Sorong pada 16-18 Juli 2018 bekerja sama dengan STKIP Muhammadiyah Sorong sebagai PT auditee.

Lokakarya AMI di Sorong dibuka oleh Kepala Seksi Peningkatan Mutu, Bapak Octa Nugroho. Lokakarya AMI Sorong dihadiri 51 peserta dari PT wilayah Papua antara lain dari Sorong, Wamena, dan Jayapura. Lokakarta dilaksanakan selama 2,5 hari dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam melakukan audit mutu internal sebagai salah satu cara evaluasi penjaminan mutu di institusinya. Sebanyak 9 prodi dari STKIP Muhammadiyah Sorong berpartisipasi menjadi PT auditee.

Lokakarya AMI dimulai dari pemberian materi teori audit mutu internal dan dilanjutkan dengan praktik implementasi audit mutu yaitu audit dokumen dan audit lapangan. Peserta mempersiapkan daftar tilik sebagai panduan ketika bertemu dengan perwakilan dari prodi STKIP Muhammadiyah Sorong. Peserta lokakarya mempelajari temuan/ketidaksesuaian antara penyelenggaraan pendidikan tinggi di PT dengan SN Dikti dan standar yang ditetapkan oleh perguruan tinggi, serta mengidentifikasi ruang peningkatan yang dapat dilakukan oleh masing-masing prodi.

Narasumber lokakarya ini antara lain Bapak Gentur Sutapa, Hartanto Nugroho, Nyoman Sadra Dharmawan, dan Ibu Thelly Sembor. Dengan penilaian kedisiplinan, pretest-postest, serta keterampilan ketika praktik audit diharapkan peserta yang lulus dalam Lokakarya AMI ini dapat menjadi auditor mutu di institusi masing-masing dan berperan dalam rangka penerapan SPMI khususnya pada siklus Evaluasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.(TS/Hz-Penjamu)

Keterangan

Tempat: hotel Swissbel Sorong
Penyelenggara: Direktorat Penjaminan Mutu
Jumlah Peserta: 51
Jumlah Perguruan Tingggi: 0
Sumber Dana: Dit Belmawa