Search

kebijakan sitem penjaminan mutu internal

Tema : Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi
Author : Muhammad Firdaus
Email : dauz.messi@gmail.com
Jabatan : Ketua LPMPT
Insitusi : STIKes Al-Insyirah Pekanbaru
Alamat : Jalan Parit Indah no.38 Pekanbaru

Pengalaman Praktis dan Inspiratif dalam penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi

Muhammad Firdaus

Pendahuluan
Penjaminan mutu pendidikan tinggi merupakan program yang penting dan wajib dilaksanakan oleh semua institusi penyelenggara pendidikan tinggi berdasarkan Undang-undang No.20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Pelaksanaan dan implementasi Penjaminan Mutu merupakan aspek yang menentukan dalam peningkatan daya saing perguruan tinggi. Penjaminan mutu (quality assurance) bagi suatu organisasi adalah merupakan suatu keharusan karena organisasi yang menjamin mutunya merupakan organisasi yang senantiasa memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggannya, sebab pelanggan (costumer) yang puas akan meningkat menjadi pelanggan  yang loyal dan hal ini berarti akan memberikan benefit bagi organisasi yang bersangkutan

Isi
Kebijakan Mutu merupakan arah, landasan, dan dasar utama dalam pengembangan dan implementasi Penjaminan Mutu di Institusi. Kebijakan Mutu bersama-sama dengan Statuta dan Renstra merupakan pedoman dalam berbagai upaya untuk meningkatkan mutu kinerja Institusi secara keseluruhan. Kebijakan mutu dapat dievaluasi, direvisi, dan disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan mekanisme yang telah ditetapkan untuk itu. Kebijakan Mutu mencakup: landasan hukum bagi pengembangan dan implementasi Penjaminan Mutu internal, pengertian dan ruang lingkup Penjaminan Mutu yang harus dikembangkan, arah dan tujuan implementasi Penjaminan Mutu, prinsip dasar implementasi Penjaminan Mutu, dan pedoman umum implementasi Penjaminan Mutu. Sistem penjaminan mutu dilakukan secara bertahap, sistematis dan terencana dalam suatu program penjaminan mutu yang memiliki target  dan kerangka waktu yang jelas. Tahap penjaminan mutu dilakukan dengan perencanaan dan pengelolaan mutu baik Sistem penjaminan mutu yang baik akan meningkatkan kemampuan institusi untuk melakukan pengawasan, menciptakan stabilitas, prediktabilitas, dan kapabilitasnya sebagai organisasi pendidikan, selanjutnya dengan adanya sistem penjaminan mutu yang baik, institusi akan dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas serta dapat bertindak lebih baik dibanding sebelumnya.  

Penutup
Pelaksanaan dalam penerapan penjaminan mutu merupakan suatu peraturan yang harus dilakukan sekaligus menjadi kebutuhan bagi setiap institusi pendidikan dalam menjaga kualitas lulusan sehingga mampu bersaing secara lokal dan global upaya memenuhi kebutuhan pengguna. Keberhasilan dalam pelaksanaan penjaminan mutu tidak hanya bergantuang pada kesediaan dokumen namun lebih kepada komitmen keterlibatan seluruh civitas akademika.  

Muhammad Firdaus, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, STIKes Al-Insyirah, 085292401641, email : dauz.messi@gmail.com

  Download Dokumen PDF

Didukung Oleh