Search

KOMPETENSI PERAWAT SECARA INTERNASIONAL

Tema : Manfaat yang diperolah Setelah Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi
Author : RAHMAT PANNYIWI
Email : rahmatpannyiwi79@gmail.com
Jabatan : KETUA LPPM
Insitusi : AKADEMI KEPERAWATAN YAPENAS 21 MAROS
Alamat : KOMP. NUSA HARAPAN PERMAI B6 NO.7 KELURAHAN PACCERAKANG KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

       MANFAAT PENERAPAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DI PT
                                           RAHMAT PANNYIWI

Berawal dari tahun 2015 pelaksanaan program Lembaga  Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Akademi Keperawatan Yapenas 21 Maros, dimana salah satu program kerjanya adalah Pelatihan dan Pendidikan Profesi Terpadu Perawat Kompetensi Internasional. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tentunya perlu sosialisasi atau mengajak pihak Jepang sebagai Stakeholder dengan metode mengajak ke Institusi kami dalam pengusulan pengiriman tenaga perawat ke Jepang khususnya Keperawatan Lansia (Gerontik) untuk penempatan di rumah sakit, Panti Jompo atau tempat pelayanan kesehatan yang ada di negara Jepang.
Untuk memenuhi program tersebut dalam pendidikan dan pengajaran dalam upaya peningkatan akan pentingnya kompetensi perawat secara Internasional, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat bersama Lembaga Penjaminan Mutu dan unit lain dibawah ruang lingkup Institusi merumuskan, mengkomunikasikan dan mengartikulasi visi-misi perguruan tinggi yang realistis ke depan, maka terbentuklah pembaharuan mata kuliah dalam kurikulum yakni Bahasa Jepang. Dengan meningkatkan mutu dengan sistem yang baik serta kerja sama khususnya Lembaga Penjaminan Mutu dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam program studi keperawatan. Pelaksanaan Kurikulum yang memuat kompetensi keperawatan yang profesional secara lengkap (utama, pendukung,dan lainnya) yang terumuskan secara sangat jelas dan sesuai  dengan visi-misi terlaksana secara optimal. Terlaksananya kurikulum yang memuat mata kuliah bahasa jepang untuk mengimplementasikan standar kompetensi perawat secara internasional. Berdasarkan Undang - Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional  dan Undang - Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (UU Dikti). Alhamdulillah, Salah satu bentuk keberhasilan sistem penjaminan mutu di lingkup institusi kami adalah tercapainya program dalam pengiriman perawat ke jepang dalam pengembangan dan peningkatan soft skill khususnya keperawatan lansia (Gerontik).
*Rahmat Pannyiwi, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat,Akademi   Keperawatan Yapenas 21 Maros, Hp.085298456666,email : rahmatpannyiwi79@gmail.com



  Download Dokumen PDF

Didukung Oleh