Search

MANFAAT PENERAPAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DI PERGURUAN TINGGI

Tema : Manfaat yang diperolah Setelah Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi
Author : Cristyne Natalia Hutapea
Email : cristynenatalia@gmail.com
Jabatan : Kepala Sistem Penjaminan Mutu Internal
Insitusi : Akademi Keperawatan Teladan Bahagia
Alamat :

MANFAAT PENERAPAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DI PERGURUAN TINGGI
Cristyne Natalia Hutapea  

Akademi Keperawatan Teladan Bahagia merupakan perguruan tinggi pertama di kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara. Akademi Keperawatan Teladan Bahagia resmi didirikan pada tahun 2002 dan merupakan perguruan tinggi yang bersifat nasional. Akademi Keperawatan Teladan Bahagia berlokasi di Humbang Hasundutan Sumatera Utara. Dalam menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan kegiatan akademik dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan oleh Akademi Keperawatan Teladan Bahagia dalam proses belajar menagajar untuk menyajikan pendidikan yang berkualitas, Akademi Keperawatan Teladan Bahagia dengan keseriusannya telah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pedidikan dan pengajaran. Oleh karena itu, Tri Dharma Perguruan Tinggi telah menjadi budaya dan kesadaran yang dilaksanaka oleh Akademi Keperawatan Teladan Bahagia .             Pada hakikatnya Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah salah satu dasar tanggung jawab Perguruan tinggi yang diberikan kepada seluruh civitas akademik terutama dosen dan mahasiswa. Dosen sebagai pengajar, pembimbing sekaligus pendamping, sedangkan mahasiswa sebagai anak didik yang menuntut ilmu. Dua elemen ini akan terus berkaitan mengingat tak bisa disebut dosen tanpa adanya mahasiswa, begitu sebaliknya yang harus dikembangkan secara simultan dan bersama-sama, serta harus disadari betul oleh semua civitas akademik agar dapat tercipta civitas akademik yang sadar akan Tri Dharma Perguruan Tinggi itu sendiri. Karena salah satu visi dan misi sebuah perguruan tinggi Indonesia, baik kedinasan maupun bukan adalah mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tak terkecuali juga pada Perguruan Tinggi Akademi Keperawatan Teladan Bahagia, yang mana seluruh kegiatan Akademi Keperawatan Teladan Bahagia . dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian Kepada Masyarakat.             Tahapan SPMI Akper Teladan Bahagia dimulai dari penetapan visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan kemuadian pimpinan Akper Teladan Bahagia menyusun renstra yang berisi rencana kerja kegiatan akademik kurun waktu 5 tahun, berdasarkan renstra yang telah disahkan oleh senat Akademi Keperawatan Teladan Bahagia dan pengurus yayasan, direktur Akademi Keperawatan Teladan Bahagia, kepala LPPM, dan kepala biro terkait menyusun renop dan anggaran yang berisi rencana kerja kegiatan akademik secara lebih rinci untuk kurun waktu 1 tahun dan berdasarkan renop bidang akademik menyusun ketentuan dan peraturan akademik serta standar operasional prosedur bidang akademik agar dapat menjadi pedoman pelaksanaan akademik di Akademi Keperawatan Teladan Bahagia kemudian secara periodik (minimal setiap semester) Direktur Akademi Keperawatan Teladan Bahagia membuat laporan pelaksanaan kegiatan akademik beserta realisasi anggarannya dan terakhir dari tahapan SPMI adalah laporan pelaksanaan kegiatan akademik yang telah dilakukan oleh direktur, kepala LPPM dan kepala biro terkait melakukan evaluasi dengan meminta UPTJM melakukan audit. Laporan tersebut diserahkan kepada direktur. Laporan hasil audit dan rekomendasi UPTJM akan dijadikan dasar oleh direktur melakukan tindak lanjut penyelesaian atau untuk menjadi bahan pertimbangan dalam penyempurnaan kebijakan, standar, dan peraturan/ SOP akademik dimasa yang akan datang.             Pendidikan dan pengajaran adalah point pertama dan utama dari Tri Dharma Perguruan Tinggi pada Akper Teladan Bahagia, dimuat dalam SPMI yang bertujuan untuk menjamin mutu pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh Akper Teladan Bahagia, melalui penyelenggaraan Tri dharma Perguruan Tinggi, dalam rangka mewujudkan visi serta memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan. Pendidikan dan pengajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu proses pembelajaran. Undang – undang tentang pendidikan tinggi menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang ada di Akper Teladan Bahagia memiliki peranan penting untuk mencipkan bibit – bibit unggul. Pendidikan dan pengajaran yang baik akan menghasilkan bibit unggul dari suatu perguruan tinggi yang akan mampu membawa bangsa ini kearah bangsa yang lebih maju . lulusan – lulusan yang berkualitas dari perguruan tinggi akan menjadi penerus bangsa yang membawa Indonesia kearah yang lebih maju.Sesuai dengan pembukaan undang – udang dasar 1945 yang berbunyi, mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka pendidikan dan pengajaran harus menjadi pokok dan sumber utama dalam mencapai tujuan dari perguruan tinggi.             Dalam melaksanakan Pendidikan, Pengajaran dan peningkatan mutu pendidikan, Akper Teladan Bahagia beserta jajarannya berusaha mewujudkan peningkatan mutu pendidikan dari tahun ke tahun melalui berbagai variasi kebijakan strategis yang dimulai dari penerimaan siswa baru, pendidik, kurikulum perguruan tinggi, proses belajar mengajar, penyediaan anggaran beasiswa, Ujian Akhir Program, peningkatan mutu dosen melalui peningkatan kualifikasi akademik dan sertifikasi dosen hingga proses meluluskan lulusan yang dijaminkan mutunya, dan  perbaikan manajemen . Disamping itu dilakukan juga peningkatan mutu pendidikan secara lebih sistematis yaitu dengan cara penerapan sistem penjaminan mutu(quality assurance) di tingkat perguruan tinggi khususnya  pada Akper Teladan Bahagia. Penerapan sistem penjaminan mutu internal di tingkat perguruan tinggi diyakini akan dapat meningkatkan partisipasi seluruh elemen perguruan tinggi dalam menetapkan standard mutu, mengupayakan mutu, dan  selanjutnya mewujudkan penjaminan mutu perguruan tinggi nya.             Sistem penjaminan mutu internal  Akper Teladan Bahagia pada penerimaan mahasiswa baru dapat terlaksana dengan baik dimana proses dan waktu pelaksanaan penerimaan terlebih dahulu dirapatkan bersama oleh civitas akademik, penerimaan tersebut dilaksanakan sebelum proses pembelajaran dimulai  disemester ganjil.  Dalam proses pendidikan dan pengajaran diperlukan tenaga pendidik yang professional yang berkualitas dan berkompeten pada bidangnya masing-masing yang dapat lebih matang untuk memberikan ilmu pengetahuan yang luas, terbaru dan modern. Dengan tenaga pendidik yang handal maka sistem penerapan kurikulum Akper Teladan Bahagia dapat disusun dan terbentuk dengan baik sesuai dengan Undang - Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional  dan Undang - Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (UU Dikti) sehingga pelaksanaan Kurikulum yang memuat kompetensi keperawatan yang profesional secara lengkap (utama, pendukung,dan lainnya) yang terumuskan secara sangat jelas dan sesuai  dengan visi-misi terlaksana secara optimal. Pelaksanaan kurikulum institusional Akper Teladan Bahagia terbentuklah pembaharuan mata kuliah yaitu bahasa Jepang. Dengan meningkatnya mutu dengan sistem yang baik serta kerjasama khususnya Lembaga Penjaminan Mutu dan pendidikan pengajaran dalam program studi keperawatan. Terlaksananya kurikulum yang memuat mata kuliah bahasa jepang untuk mengimplementasikan standar kompetensi perawat secara internasional. Salah satu bentuk keberhasilan sistem penjaminan mutu di lingkup institusi kami adalah tercapainya program dalam pengiriman perawat ke jepang dalam pengembangan dan peningkatan soft skill khususnya keperawatan lansia (Gerontik). Dengan keberhasilan dalam menetapkan kurikulum, pemilihan tenaga pendidik yang berkualitas maka proses belajar mengajar terhadap mahasiswa pasti akan berjalan dengan baik sesuai dengan program SPMI dan peningkatan kualitas dari mahasiswa dalam proses belajar dan peningkatan skill dapat ditingkatkan dengan memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi maupun mahasiswa yang tidak mampu. Dengan pemberian beasiswa secara kontinyu terhadap mahasiswa maka proses belajar mengajar tidak mendapatkan hambatan dikarenakan keterlambatan mahasiswa dalam menyelesaikan administrasi. Untuk menambah kualitas pendidik baik dalam proses belajar mengajar dan kualitas hidup/ kesejahteraan setiap tenaga pendidik maka pihak pimpinan Akper Teladan Bahagia membantu dalam proses sertifikasi dosen sehingga pendapatan dari pendidik semakin membaik. Dan penetapan manajemen yang semakin baik sehingga manfaat penerapan SPMI di Akper Teladan Bahagia membawa dampak yang positif bagi peningkatan SDM, kualitas perguruan tingginya dan lulusan yang telah dihasilkan. Telah berjalan dengan baik kurikulum yang disusun dan dilaksanakan sesuai dengan program, tenaga pendidik yang telah terpilih melalui seleksi dan penyaringan yang cukup ketat, proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, beasiswa yang diberikan pada mahasiswa, proses belajar yang diakhiri dengan ujian akhir program tepat waktu dan menghasilkan lulusan yang berkompeten dengan nilai kelulusan diatas rata-rata memuaskan dan para lulusan dapat langsung bekerja di instansi swasta maupun negeri dalam waktu yang tidak lama untuk menunggu panggilan bekerja bahkan sebelum mereka lulus telah mendapatkan tawaran langsung bekerja di salah satu instansi negeri. Dengan adanya sistem penjaminan mutu (quality assurance) secara internal dalam pendidkan dan pengajaran pada tri dharma perguruan tinggi, telah menorehkan banyak manfaat yang diperoleh akper Teladan Bahagia dalam meningkatkan kualitas dan kwantitas baik dalam kegiatan  monitoring dan evaluasi (monev) oleh Akper Teladan Bahagia. Kegiatan SPMI dilakukan dalam bentuk meta evaluation terhadap proses penjaminan mutu yang dilakukann oleh Unit Penjaminan Mutu internal di  Akper Teladan Bahagia dilakukan secara menyeluruh (seluruh proses yang terkait di dalam penyelenggaraan satuan pendidikan).  

  Download Dokumen PDF

Didukung Oleh