Pembukaan diawali dengan laporan oleh Kasubdit Pengembangan Sistem Mutu Bapak Dr. Syahrul Aminullah, SKM, M.Si selaku Kepala Subdirektorat Pengembangan Sistem Mutu tentang maksud dan tujuan pelaksanaan Uji Petik Pemetaan SPMI dan SN-Dikti di Wilayah VI yang dilaksanakan di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI. Selanjutnya sambutan sekaligus yang membuka acara adalah Prof. DYP Sugiharto, MPd. selaku Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI. Dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, karena Rahmat-Nya kegiatan Uji Petik Pemetaan SPMI dan SN-Dikti Perguruan Tinggi di Wilayah VI dapat berlangsung dan mengucapkan terima kasih kepada Kemenristekditi khususnya Direktorat Penjaminan Mutu yang telah memberikan kesempatan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI dalam pelaksaan yang dimaksud. 

Kegiatan di tutup oleh Amsar, SH., MH. selaku Sekertaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI. Dalam penutupan ini beliau meminta kepada seluruh Perguruan Tinggi yang hadir untuk selalu mengisi pemetaan SPMI dan SN-Dikti ini sebagai data Kemenristekdikti, bukan hanya pada saat kegiatan ini saja. Hal tersebut tidak hanya berguna bagi ranah Kemenristekdiki, tetapi juga untuk Perguruan Tinggi itu sendiri. 

Terakhir Dr. Sayhrul Aminullah menyatakan bahwa betapa pentingnya data pemetaan SPMI dan SN-Dikti ini bagi setiap Perguruan Tinggi bahkan dalam ranah data Kemeristekdikti untuk dapat meningkatkan budaya mutu yang berkelanjutan bagi masing-masing Perguruan Tinggi,  dihadiri oleh 80 peserta yang terdiri dari 25 Perguruan Tinggi, dan kami memberikan dukungan serta menyambut baik dengan diadakannya Uji Petik Pemetaan SPMI dan SN-Dikti ini.